Saturday, October 11, 2014

Museum Terlengkap Wilayah NTB

Selain keindahan alam yang sangat indah di pulau Lombok, daerah tujuan wisata lain yang patut untuk di kunjungi adalah museum NTB. Karena di museum ini memiliki koleksi yang sangat lengkap. Terdapat sekitar tujuh ribuan koleksi yang terdiri dari peninggalan sejarah, biologi, geologi, arkeologi, budaya dan keramik.  Museum yang di resmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada saat itu Dr. Daoed Joesef pada tanggal 23 januari 1982 ini masih terawat dengan baik hingga saat ini. Terletak di kota Mataram, tepatnya di jalan Panji Tilar Negara No. 6, museum ini sangat mudah di temukan dengan jadwal kunjungan setiap hari selasa hingga kamis mulai pukul 8 pagi hingga 2 siang, kemudian khusus hari jumat hanya sampai pukul 11 siangh, dan sabtu hingga setengah satu siang, serta di hari minggu dari pukul 8 pagi hingga 2 siang.


Beberapa koleksi unik dan menarik yang dapat kita temukan mulai dari bagian depan museum adalah sebuah buaya muara yang di awetkan yang berasal dari Dompu Sumbawa, di mana buaya ini memiliki panjang sekitar 4 meter dan lebar 1 meter. Konon sebelum di tangkap dulunya buaya ini menggegerkan wara Dompu karena pernah melahap seorang warga. Yang akhirnya di tangkap dan di awetkan dan kemudian di serahkan ke pihak pengelola museum di tahun 2010. Di luar bangunan, tepatnya di taman museum kita dapat menemukan sebuah meriam peninggalan masa penjajahan dulu yang masih utuh .

Kemudian di dalam ruang pamer Utama, kita dapat menemukan perlengkapan perlengkapan acara kematian khas daerah NTB yang tersimpan dalam lemari lemari kaca yang berderet rapi. Selain itu juga terdapatbenda benda untuk upacara perkawinan, busana busana tradisional asli suku di NTB, sasak dan Bima. Terdapat juga sebuah naskah kuno yang berjumlah sekitar seribu tujuh ratusan naskah, yang masih berupa daun lontar dan kertas kuno. Kemudian juga terdapat koleksi koleksi benda benda mistis yang di percaya memiliki kekuatan gaib, diantaranya berupa dua buah batu peramal, benda penangkal petir, alat memandikan ternak penolak bala, uang logam kuno, dan benda benda lainnya.

No comments:

Post a Comment